Bagaimana Produk Kami Dibuat : Box Pendingin Alumunium

Sifat material alumunium; getas, ringan, mudah dibentuk dan tahan karat. Berdasarkan pengalaman kami (Engineer Julang Raya), alumunium memang bersifat 4 hal diatas namun juga menghantarkan panas dengan cukup baik. Inilah mengapa tulisan ini cukup menarik.

Akhir tahun 2020 lalu, Julang Raya Karoseri berkesempatan untuk menyediakan armada angkutan Box Ber-pendingin untuk unit ISUZU NMR71. Box Pendingin ini rencananya akan dioperasikan sebagai sarana transportasi telur AYAM dari site peternakan di daerah Purwakarta ke pusat distribusi perusahaan. Kami berkesempatan mengunjungi farm di bulan Januari lalu ketika melakukan maintenance dan impresi kami adalah tempatnya yang cukup terpelosok (mungkin untuk menyediakan kondisi optimal ayam berkembangbiak).

Mengenai Box Pendingin Isuzu NMR 71, ukuran yang umum digunakan pada box adalah sebesar 4250 x 2000 x 1950 mm dimensi ini menyediakan kapasitas angkut sebesar 12,7 kL jika diasumsikan ketebalan dinding 10 cm (seperti Box Pendingin Fiberglass). Dikarenakan kebutuhan akan suhu ruang spesifik selama transportasi produk, kami menyarankan penggunaan Box Fiberglass Pendingin seperti yang kami aplikasikan pada post ini. Customer menolak saran kami dengan alasan bahwa produk ini dimaksudkan untuk menyamakan dengan armada existing sehingga spesifikasinya sangat diharapkan untuk serupa.

Kami yakin setiap perusahaan unik, semua punya metode dan pendekatannya masing masing dalam memecahkan sebuah permasalahan. Hasil dari perbedaan metode dan pendekatan ini salah satunya adalah rancangan yang berbeda pada suatu produk. Menyesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan kami menerapkan apa yang biasa kami lakukan pada produk Box Alumunium, salah satu titik fokus kami adalah mengenai rangka Box.

Box Alumunium Pendingin; ISUZU; Karoseri
Penggunaan Rangka dengan Profil Omega
Box Alumunium Pendingin; ISUZU; Karoseri
Rangka Belakang digunakan material UNP 65

Kami mengaplikasikan 10 baris rangka pada dinding bagian kanan dan kiri, rangka ini menjadi tempat atau dudukan dimana material dinding alumunium akan diaplikasikan. Dinding Alumunium sendiri menggunakan material alumunium profil yang biasa disebut Alumunium Sirap. Alumunium Sirap yang digunakan berukuran lebar 18 cm, dan diaplikasikan dengan menggunakan Rivet pada rangka Omega.

Untuk memungkinkan insulasi suhu pada Box Alumunium Pendingin ini, kami menggunakan material styrofoam setebal 6 cm yang diaplikasikan pada bagian dalam dinding alumunium. Material styrofoam dilapis kembali dengan tripleks setebal 15 mm dan plat alumunium setebal 1 mm. Sehingga jika diurutkan dari bagian luar, dinding kami tampak seperti sandwich yang terdiri dari Alumunium Sirap-Rangka Omega-Styrofoam-Tripleks-Plat Alumunium.

Box Alumunium Pendingin; ISUZU; Karoseri
Box Alumunium Berpendingin Tampak Samping

Proses produksi terbilang ringan dikarenakan dominan dalam assembling dan material yang digunakan bersifat ringan. Sideguard dibuat menggunakan material besi CNP berukuran 70 mm dilapisi dengan cat metallic.

Pada bagian dalam dilakukan penambahan struktur rak/ pagar yang difungsikan untuk tempat mengikat tumpukan produk, bagian ini kami integrasikan dengan rangka yang sudah tertanam pada dinding sehingga akan terpasang secara lebih kuat dan kokoh. Selain itu bagian lantai diaplikasikan material Stainless Steel setebal 0,8 mm yang bertekstur Hairline.

Box Alumunium Pendingin; ISUZU; Karoseri
Box Alumunium Berpendingin Tampak Belakang
Box Alumunium Pendingin; ISUZU; Karoseri
Box Alumunium Berpendingin Bagian Dalam

Kami juga berkesempatan untuk menerapkan unit pendingin rakitan kami “Therma Raya” pada unit ini, menggunakan kompresor buatan DENSO dan sparepart lain seperti Condensor dan Evaporator kami berhasil Box ini mampu mencapai suhu 5 derajat celcius pada keadaan mobil tidak berjalan. Mengenai detail pemasangan mungkin akan dibahas pada post lain karena dokumentasi yang kurang.

Mengenai sifat material alumunium yang sudah disebutkan tadi, kami mencoba mengurangi efeknya dengan memastikan isolasi pintu berupa karet seal terpasang dengan baik dan juga penggunaan material pemisah antara bagian dalam dan frame pintu bagian luar untuk mengurangi konduksi kalor dari bagian luar box ke bagian dalam box.

Key Point :

  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan material dominan alumunium
  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan rangka dengan bentuk omega sebanyak 10 baris untuk memastikan ke-solid-an struktur box
  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan material insulasi styrofoam
  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan lapisan dalam Plat Alumunium 1 mm
  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan material lantai Stainless Steel 0,8 mm Hairline
  • Box Alumunium Berpendingin ISUZU NMR 71 menggunakan unit pendingin Therma Raya

Looks Cool ? Mungkin bisnis anda membutuhkan angkutan yang serupa (atau berbeda) ? jika terdapat kebutuhan unit angkutan seperti diatas kami bisa dihubungi pada kontak di menu utama, kami juga dapat ditemui pada lokasi yang ditunjukan Google Maps.

Cheers.

Leave a Reply

Your email address will not be published.