Karoseri Box Pendingin

Seperti biasa, konten blog ini difokuskan untuk menjadi sarana edukasi customer dan kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai istilah “Karoseri Box Pendingin”. Istilah ini tidak asing dikalangan pihak yang bekerja dalam Supply Chain, namun kami coba mengulas mengenai istilah ini agar dapat diakses kalangan umum.

Apa itu Karoseri ?

Karoseri merujuk pada sebuah benda berbentuk atau barang. Karoseri dapat digunakan untuk merujuk sebuah (dikutip dari Wikipedia) rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/sasis mobil atau chassis kendaraan bus ataupun truk. Dalam perkembangannya, produk karoseri tidak hanya terbatas pada kendaraan besar namun juga kendaraan kecil (mobil penumpang) yang difungsikan sebagai kendaraan distribusi. Sebagai contoh : Mitsubishi L300 atau Daihatsu Granmax.

Perusahaan Karoseri umumnya menawarkan produk berupa barang, namun dalam beberapa kasus seperti modifikasi mobil menjadi mobil toko, produk yang ditawarkan cenderung dikategorikan sebagai jasa. Terdapat beberapa brand yang beredar dipasaran, masing masing brand menawarkan nilai tersendiri yang membedakan dari sesama perusahaan karoseri.

Apa itu Box Pendingin ?

Jika kita gunakan google search untuk mencari kata “Box Pendingin” hasil yang paling umum ditampilkan adalah sebuah box yang digunakan untuk membawa atau meletakkan barang yang membutuhkan suhu spesifik dengan ukuran sedang, cukup untuk membawa banyak barang namun tetap dapat diangkat orang tanpa alat khusus. Material yang digunakan merupakan jenis khusus, istilah yang digunakan adalah “Insulasi”. Insulasi adalah kemampuan untuk menjaga suhu atau kemampuan untuk tidak menghantarkan kalor (panas).

Sebagai contoh, kamu ingin menjaga produk kamu yang berupa ikan dalam keadaan fresh selama perjalanan. Salah satu cara yang digunakan adalah untuk membawanya dengan es. Tantangannya adalah, es mencair ketika terpapar udara yang lebih hangat. Disinilah material insulasi digunakan. Material ini mencegah es untuk terpapar dengan udara yang lebih hangat, sehingga dapat bertahan lebih lama dalam menjaga ikan tetap fresh.

Material Insulasi cukup beragam, opsi terbaik yang dapat ditemukan adalah diantara styrofoam dan polyurethane foam. Box Pendingin yang berada dipasaran menggunakan umumnya menggunakan styrofoam.

Dalam konteks karoseri, Box Pendingin adalah sebuah konstruksi yang diletakkan diatas chassis kendaraan berbentuk box atau balok dengan rongga. Box Pendingin digunakan untuk memudahkan kegiatan distribusi atau transportasi produk atau barang yang membutuhkan suhu spesifik untuk mempertahankan kondisi terbaiknya. Contoh : Daging, Ikan, Telur, Obat Obatan, Bahan Kimia hingga Vaksin

Karoseri Box Pendingin
Karoseri Box Pendingin Julang Raya

Box Pendingin menggunakan material yang bersifat insulasi untuk menjaga suhu ruangan dan mencegah terjadinya pertukaran panas antara ruangan dan udara luar selama perjalanan. Untuk melengkapi kemampuan Box Pendingin dalam mencapai dan menjaga suhu yang dibutuhkan biasanya digunakan unit AC (Air Conditioner) atau dengan membawa Es Balok bersamaan Produk yang diangkut.

Apa itu Karoseri Box Pendingin ?

Karoseri Box Pendingin adalah sebuah produk yang dapat dikategorikan sebagai barang, menawarkan produk Box Pendingin yang ukurannya disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan dan peraturan yang berlaku. Perusahaan yang menawarkan produk “Karoseri Box Pendingin” dalam pelayanannya juga memberikan jasa pemasangan di unit kendaraan.

Perusahaan yang menawarkan “Karoseri Box Pendingin” biasanya melakukan kerjasama dengan provider AC untuk memungkinkan pemasangan unit pengatur suhu. Umumnya AC ditenagai oleh putaran mesin mobil dengan pemasangan compressor (berfungsi mengalirkan freon) pada cabin mobil, namun seiring dengan perkembbangan teknologi beberapa provider AC menawarkan pemasangan AC yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Perusahaan yang menawarkan Karoseri Box Pendingin umunya hanya menawarkan unit karoseri (box-nya saja), sehingga pelanggan perlu menyediakan unit mobil dengan menghubungi dealer mobil. Kendaraan yang digunakan umumnya bertipe chassis atau hanya kabin yang memuat dua penumpang.

Dealer biasanya memiliki koneksi dengan perusahaan karoseri, keputusan menggunakan penyedia karoseri tetap berada ditangan anda. Terdapat keuntungan yang anda dapat anda miliki dengan memilih penyedia karoseri yang ditawarkan dealer seperti kualitas yang diapprove oleh dealer, namun kekurangannya adalah adanya birokrasi yang menyulitkan anda menyesuaikan fitur unit sesuai kebutuhan dan juga….(kita tahu birokrasi biasanya bagaimana).

Apakah Julang Raya Karoseri menawarkan Karoseri Box Pendingin ?

Ya, kami berpengalaman dalam memproduksi produk Box Pendingin (freezer/chiller) sejak 2014 dan terus menerus mengembangkan fitur dan rancangan produk tersebut.

Karoseri Box Pendingin
Karoseri Box Pendingin L300
Karoseri Box Pendingin
Karoseri Box Pendingin CANTER
Karoseri Box Pendingin
Karoseri Box Pendingin

Inovasi rancangan yang kami terapkan dan menjadi kebanggan kami beberapa tahun belakangan adalah dinding bergelombang yang memungkinkan box menjadi lebih ringan (lebih banyak muatan) tanpa mengkompromikan durabilitas struktur.

Jika anda tertarik mempelajari lebih dalam bagaimana kendaraan karoseri dibuat, blog ini dapat menjadi referensi.

Cheers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *